| by gas pol | No comments

Asal Mula Kota Bandung

Asal Mula Kota Bandung dimana pada zaman dahulu. Di tanah pasundan yang terletak di pinggiran sungai citarum. Hidup lah seorang kakek tua yang terkenal karena memiliki ilmu yang sakti. Disana dirinya tinggal bersama dengan sorang ank perempuan yang sangat cantik jelita yang bernama sekar. Selain Sekar, Empu Wisesa juga memiliki dua orang murid yang bernama jaka dan wira. Empu Wisesa menemuka mereka ketika masih bayi. Di sebuah desa yang sudah hancur lebur karena gunung Taguban Perahu.

Asal Mula Kota Bandung

Ke dua bayi itu kemudia di bawanya pulang. Dirawat dan diajarkan ilmu oleh sang Empu, walaupun memiliki guru yang sama. Jaka dan Wira memiliki perangai yang berbeda. Jaka berparas tampan, dirinya senang bermain dan sangat pandai bercakap. Walaupun dirinya yang pintar, Membuat sifat nya yang mengganpangkan sesuatu. Dirinya sangat jauh ketinggalan dari Wira yang rajin mencari ilmu dan hakikat untuk hidup.

Sifat Wira yang berbeda, membuat mereka berdua sangat berjauhan. Mereka seperti dua saudara yang saking tolong menolong dan juga berbagai rahasia. Namun ada satu hal yang tidak mereka ungkapkan satu sama lain, yaitu tentang perasaan mereka terhadap. Sekar yang merupakan anak dari guru mereka.

Kota Bandung dan Tangkuban Perahu

Jaka yang terlebih dahulu menyampaikan, maksud hati untuk melamar sekar kepada Empu Wisea. Karena jaka yang pandai mengambil hati sang guru, Empu Wisesa tanpa meminta persetujuan anaknya langsung menyetujui lamaran Jaka. Empu Wisea juga sangat mengagumin Jaka yang sangat rupawan dan sangat pandai bergaul.

Keesokan harinya sang guru memangil sang anak sekar. Dan kemudia menyampaikan keinginannya untuk menikahkannya dengan jaka. Mendengar perkataan tesebut, Sekar pun menolak dan membantah. Dirinya juga mengaku menyukai wira dan hanya mau menikah dengan WIra.

Empu pun membuat suatu saimbara untuk mendapatkan hati Sekar. Sayembara itu sendiri adalah untuk memadamlan lahar panas yang berasal dari Tangkuban perahu. Mendengar sayembara tersebut jaka merasa itu adalah hal yang mustahil. Tidak mungkin memadamlan lahar panas yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Namun didepan Empu Wisea dia menyanggupi nya dan mengaku ingin mengembara untuk mencari ilmu untuk memadamkan lahar.

Sementara itu Wira berfikir keras dan mencari tahu untuk memenangkan sayembara. Dengan tekun setiap hari dia mengitari cekungan luas yang terbentuk oleh lahar panas. Tentunya dengan air yang bisa mengalahkan api. Dan akhirnya dirinya melihat berang-berang yang sedang membuat bendungan dari ranting pohon.

Dengan cara begitu. Wira pun mulai membuat suatu bendungan. Berbekal kesaktian dari Empu Wisea, Wira meruntuhkan sebuah bukit dengan tanganya. Sehinga membuat tanah runtuhan dan batu membendung air sungai lama-kelamaan air mulai menggenang, lahar panas menajdi dingin dan cekungan itu berbuah menjadi danau yang luas dan bernama Danau Bandung. Lama kelamaan daerah itu menjadi ramai dan sangat banyak pengembara yang datang. Mereka menyebutnya Bandung, yang saat ini di sebut dengan Kota Bandung. Asal Mula Kota Bandung.

Baca Juga : Gadis Berambut Panjang