| by gas pol | No comments

Cerita Rakyat Ande – Ande Lumut

Ceritarakyat – Pada suatu masa ada sebuah Kerajaan yang bernama Kerajaan Kahuripan, dan Kerajaan tersebut terbagi menjadi 2 Kerajaan yaitu Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala, akan tetapi kedua kerajaan tersebut kemudian bersatu kembali sesuai dengan permintaan sang Raja.

Keputusan untuk menikahkan Pangeran Raden Panji dengan Putri Sekartaji ditentang oleh ibu tirinya dan pada akhirnya ibu tirinya merencanakan untuk menyembunyikan Putri Sekartaji bersama dengan ibu kandungnya.

Pangeran yang telah datang dan ingin menikahi Sekartaji namun Putri tersebut tidak ada dengan segera ibu tirinya meminta untuk menikah dengan anaknya saja yang bernama Indah Sari, namun saat itu juga Pangeran langsung menolaknya dan akhirnya pergi mencari sang Putri.

Menolak Ketiga Kakaknya Klenting Kuning

Pangeran kemudian diangkat menjadi anak oleh Mbok Rondo dan ia bernama Ande-Ande Lumut. Suatu hari ia meminta kepada sang ibu bahwa ia ingin mencari istri kemudian kabar tersebut menyebar dengan cepat hingga masuk ke telinga sang Putri yang saat ini juga sedang mengembara dan menjadi Klenting Kuning.

Ketika sampai ditempat tujuan ketiga Klenting itu langsung ditolak mentah-mentah oleh Ande-Ande Lumut karena telah mengetahui bahwa mereka telah dicium oleh Yuyu Kakang yang telah membantu mereka dalam  menyeberang sungai.

Sementara itu setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah Klenting Kuning langsung menyusul ketiga kakaknya untuk bertemu dengan Ande-Ande Lumut, namun sesampainya di sungai ia langsung kebingungan bagaimana caranya untuk menyeberang akhirnya Yuyu Kakang datang dan membantunya menyeberangi sungai tersebut.

Cerita Rakyat Ande – Ande Lumut

Saat Yuyu Kakang menagih janjinya Klenting Kuning mengolesi pipinya dengan kotoran ayam lalu Yuyu Kakang tidak ada minatan lagi untuk mencium karena bau yang menyengat dan meminta nya untuk segera pergi. Sesampainya di kediaman Ande-Ande Lumut kedatanganya pun disambut bahagia oleh Ande-Ande Lumut.

Baca Juga: Cerita Rakyat Cindelaras

Semua orang terheran-heran karena Ande-Ande Lumut lebih memilih wanita yang kumal dan bau, Ibunya sendiri Mbok Randa pun bingung begitu juga dengan Klenting Kuning yang melihat Ande-Ande Lumut itu adalah tunangannya yang selama ini dia cari.

Dan pada saat itu juga Ande-Ande Lumut langsung mengubah Klenting Kuning menjadi sosok wanita yang sangat cantik dan jelita, ketiga kakaknya pun dibuat terkejut karena selama ini yang mereka perlakukan tidak baik itu adalah Putri Sekartaji dan tak lama kemudian Ande-Ande Lumut pun mengubah dirinya menjadi Pangeran Panji setelah itu mereka hidup dengan bahagia.