| by gas pol | No comments

Gadis Berambut Panjang

Gadis Berambut Panjang adalah sebuah cerita yang berasal dari desa Air Liki, Dusun Renah Kepayang, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin. Cerita ini juga sudah berkembang dan diketahui sebagian besar masyarakat yang berada didaerah lain. Cerita ini dibuat dari kisah seorang gadis berambut panjang.

Dari sebuah rongga jendela lebar yang tanpa kaca. Sang calon biarawati tetap kerap menatap dedaunan dari jendala lebar tersebut. Yang diterbangkan angin kering musin panas. Dari pepohonan yang tengah bermekaran dan bebuahan yang berjatuhan ditaman yang terletak tidak jauh dari biarawati. Namun diluar jendela dan didalam ruang-ruang yang telah ambruk.

Bayangan kehangatan tempat sekawanan kupu-kupu mengubah debu disayap mereka menjadi sutra. Serta berpadu dalam kesunyian tanah terbuka yang hanya disela oleh gemerisik hilir-mudik kadal melata. Aroma lembut dedaunan menggandakan perasaan menenangkan dari pepohonan besar dengan akar-akar mencengkeram kuat ke dalam dinding-dinding puing kuno.

Bukti fisik yang berupa gadis rambut panjang tersebut masih dapat ditemukan hingga sekarang. Rambut ini disimpan dan dirawat oleh Rosdiana dari keturunan kesembilan dari pemilik asli rambut panjang tersebut. Rambut itu sendiri sendiri memiliki panjang 2.5 meter. Rambut panjang tersebut berbentuk jalinan dan besarnya dua jari orang dewasa.

Pada bagian ujung rambut tersebut terbentuk sebuah rongga. Menurut ahli, rongga tersebut merupakan tempat bersarangnya seekor lipan putih penjaga SiKusuk. Keunikan lain dari rambut tersebut ialah tidak diketahuinya bagian awal dan akhir jalinan rambut tersebut. Namun, bagian pangkal dan ujung rambut masih dapat diketahui. Bagi keturunan siKusuk, rambut tersebut juga dinamakan dengan Sarang Tampuo.

Pemilik rambut panjang tersebut aslinya bernama sikusuk. Sikusuk berasal dari daerah Muaro Lolo, Kabupaten Kerinci. Ia adalah seorang perempuan yang unik. Selain berciri fisik seperti laki-laki, yakni bertubuh tinggi besar, Si Kusuk hanya mempunyai satu buah payudara yang terletak di bagian tengah dadanya. Rambut panjang Si Kusuk hanya tumbuh di bagian ubun-ubunnya. Sementara pada bagian kepala yang lain hanya ditumbuhi oleh rambut layaknya pada manusia biasa. Oleh karena hal tersebut, rambut itulah yang menjadi sumber kesaktiannya.

Pada suatu malam hari, Si Kusuk mengadakan pertemuan dengan keenam pengawalnya. Dia ingin mengetahui tingkatan usia mereka. Setelah diketahui, akhirnya SiKusuk membeberkan jati dirinya yang sebenarnya. Setelah itu, dia menyampaikan niatnya untuk menikahi pengawalnya yang berusia paling tua. Dan pada akhitnya mereka pun menikah.