| by gas pol | No comments

Legenda Blair Witch: Mitos Berujung Kutukan

Cerita-rakyat.web.id – Ketika kebanyakan orang mendengar tentang Blair Witch, gambar muncul di benak sebuah film horor yang dirilis pada tahun 1999 dengan anggaran produksi yang sangat rendah. Film yang disutradarai oleh Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez menuai kesuksesan global. Namun, Sánchez dan Myrick mendasarkan produksi mereka pada legenda tentang seorang wanita yang banyak orang nyatakan nyata: Elly Kedward. Apa yang Elly lakukan agar dia disebut penyihir? Kejadian mengerikan apa yang dikatakan terjadi dalam 300 tahun terakhir di hutan-hutan tertentu di Maryland, AS? Apa asal usul kutukan yang terhubung dengan penyihir terkenal?

Bangkitnya Blair Witch

Tampaknya asal mula legenda dimulai di Maryland di hutan Black Hills – tempat di mana, menurut tradisi setempat, suku asli Amerika tidak berani masuk. Cerita rakyat setempat mengatakan bahwa sekitar tahun 1630 Kolonel Nathaniel Blair memimpin ekspedisi untuk melintasi hutan untuk menemukan tempat yang cocok untuk membangun benteng. Nathaniel dikatakan telah meminta bantuan dari sebuah suku di daerah itu – tetapi sebagai tanggapan mereka menyabot ekspedisinya. Meskipun demikian, Blair dan orang-orangnya membangun benteng yang mereka baptis dengan nama keluarga sang kolonel. Selama bertahun-tahun, situs tersebut akan tumbuh menjadi kota Blair pada tahun 1634.

Cerita yang berbeda menceritakan bahwa 150 tahun kemudian, sekitar tahun 1785, seorang penduduk Blair bernama Elly Kedward (seorang imigran Irlandia) dituduh melakukan praktik sihir oleh beberapa anak. Anak-anak mengatakan bahwa dia telah menyeret mereka dari rumah mereka dengan maksud untuk meminum darah mereka. Teror dilepaskan pada seluruh populasi dan Elly Kedward dihukum karena sihir dan diasingkan dari Blair selamanya. Diikat ke kereta, wanita itu ditinggalkan di hutan selama musim dingin yang keras.

Ketika hari-hari berlalu, rakyat Blair mulai bernafas dengan percaya bahwa Elly telah mati karena kedinginan atau dimakan oleh binatang buas liar yang hidup di pegunungan. Namun, 3 anak-anak, ditemani anjing-anjing mereka, kembali ke hutan untuk melihat apakah dia benar-benar mati dan, yang mengejutkan mereka, mereka menemukan penyihir yang diduga masih hidup. Anak-anak lelaki memerintahkan anjing mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggigitnya, sementara mereka memukulinya dengan dahan pohon. Setelah itu, mereka memutuskan untuk melepaskannya dari gerobak dan menggantungnya di pohon sampai Elly Kedward meninggal. Sejak saat itu, cerita mengatakan bahwa banyak kejadian aneh mulai terjadi di hutan Black Hills.

Mitos berlanjut bahwa setahun kemudian, pada November 1786, setengah dari anak-anak desa, termasuk tiga yang membunuh Elly, telah menghilang. Tak satu pun dari mereka ditemukan – tidak hidup atau mati. Khawatir bahwa penghilangan ini disebabkan oleh intervensi kekuatan jahat dan adanya kutukan, penduduk meninggalkan Blair dan bersumpah tidak akan pernah menyebut nama “Elly Kedward” lagi. Namun, sebuah buku dikatakan muncul pada tahun 1809 yang disebut “The Blair Witch Cult”. Buku ini, sebuah karya fiksi yang tidak biasa dengan kualitas sangat buruk, menceritakan tentang desa yang dikutuk oleh seorang penyihir. Desa itu adalah Blair dan penyihir, Elly Kedward. Namun, dalam cerita ini sang penyihir diburu dan kemudian dibakar karena kejahatannya.

Dari Kota Blair Ke Burkitssville

Lebih dari 40 tahun telah berlalu sebelum seseorang kembali untuk tinggal di Blair. Pada 1820, seorang pria bernama Henry Burkitt membeli kota yang ditinggalkan dari pemerintah. Sedikit demi sedikit ia membangun kembali gedung-gedung yang menjadi puing-puing, dan pada tahun 1824 ia mengganti nama kota itu dengan namanya sendiri. Dia menyebutnya Burkittsville – sebuah kota yang memang ada dan dikunjungi oleh banyak wisatawan berkat legenda seorang penyihir.

Pada bulan Agustus 1825, 11 penduduk mengklaim bahwa tangan seorang wanita yang sangat pucat muncul dari Tappy East, sebuah sungai yang melintasi Burkittsville. Tangan itu diduga menarik Eileen Treacle yang berusia 10 tahun ke dalam air. Pencarian gadis muda itu memakan waktu berminggu-minggu, tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan. Tidak lama kemudian, ditemukan bahwa sungai terhalang karena banyaknya cabang, yang memengaruhi kebersihan air. Inilah yang kemungkinan besar menyebabkan kematian aneh pemuda desa itu.

Belakangan, pada Maret 1886, Robin Weaver yang berusia 8 tahun dilaporkan hilang di hutan. Berbagai tim penyelamat mencari selama beberapa hari sampai mereka menemukannya. Gadis kecil itu berkata bahwa dia telah bertemu dengan seorang wanita tua di hutan yang tidak berjalan, tetapi mengambang. Wanita aneh itu mengambil tangannya dan membawanya ke sebuah rumah di mana dia ditinggalkan di ruang bawah tanah, dengan janji bahwa wanita tua itu akan kembali. Robin menunggu lama, tetapi mulai merasa takut dan akhirnya dia melarikan diri.

Mereka yang tidak kembali tidak pernah menjadi anggota tim Sbobet88. Beberapa minggu kemudian, lima pekerja penyelamat lainnya menemukan mayat di tempat yang dikenal sebagai Coffin Rock. Mayat-mayat itu diikat tangan dan kaki bersama-sama dan telah dibongkar. Para penyelamat kembali ke desa untuk memberi tahu orang lain apa yang telah mereka lihat, tetapi ketika mereka kembali ke lokasi, mayat-mayat itu hilang.

Akhirnya, antara November 1940 dan Maret 1941 ada insiden lain, dengan delapan anak menghilang dari kota. Dan kehidupan orang-orang Burkittsville yang gelisah dan sangat tidak menyenangkan semakin terganggu ketika pertapa Rustin Parr memasuki pasar dan berteriak, “Aku akhirnya selesai!” Setelah diinterogasi, yang tidak mendapat tanggapan, sang pertapa membawa polisi ke gubuknya, di mana mereka akan mengerti segalanya …

Setelah empat jam berjalan untuk mencapai gubuk kecil itu, mereka menemukan mayat tujuh anak yang dimakamkan di tujuh kuburan kecil yang terletak di belakang rumah. Ketika mayat-mayat digali, mereka menemukan tanda-tanda kekerasan: beberapa bahkan dikeluarkan dari tubuh dan semuanya tampak menjadi korban ritual jahat – ditandai dengan simbol-simbol aneh di tangan, wajah, dada, dan pergelangan kaki mereka. Kyle Brody adalah satu-satunya yang selamat dari pembantaian itu. Dia ditemukan berdiri di sudut ruang bawah tanah. Parr mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia mendengar suara seorang wanita tua di kepalanya memerintahkan dia untuk membunuh anak-anak dan dia mengatakan kepadanya bagaimana menyelesaikan ritual jahat. Mitos berakhir dengan Parr mencoba kejahatannya yang mengerikan, dijatuhi hukuman tiang gantungan, dan dieksekusi.